Info : Inilah Kegunaan Aluminium Foil Pada Atap

Aluminium foil adalah salah satu material yang paling sering dan banyak digunakan sebagai pelengkap rangka atap baja ringan.
Aluminium foil buble dan polos
Aluminium foil buble dan polos

Fungsi pemasangan aluminium foil pada rangka atap baja ringan adalah :
1.     Menolak / mengurangi radiasi dari matahari hingga 97 %. Di siang hari biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah biasanya lebih panas, itu disebabkan perpindahan radiasi panas di bagian atas atap, pindah ke bagian bawah atap. Aluminium yang dipasang di bawah genteng berfungsi memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu di dalam ruangan lebih sejuk.
2.     Jika terjadi kebocoran pada atap, aluminum foil berfungsi menghalangi aliran air tersebut, sehingga air tidak langsung masuk ke dalam ruangan.
3.     Aluminium foil mempunyai bahan kemurnian 99,45 %, plastik tahan robek dari polyethylene, tidak merambatkan api jika terjadi korslet atau hubungan pendek, reduksi suara hingga 6 db, dan titik leleh hingga 310 derajat celcius.



Tipe aluminium foil
Tipe aluminium foil yang beredar di pasaran adalah :
1.     Single side adalah lapisan yang hanya satu sisi, sehingga hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas tetapi buram di bagian bawah.
2.     Double side lapisan yang mengkilap ada pada atas dan bawah alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium double side adalah mampu menolak radiasi lebih efektif dan lebih kuat jika dibanding dengan single side.

Lapisan Aluminium Foil
Aluminium foil ada yang menggunakan lapisan kertas atau ada juga bahan plastik. Karena bahan plastik tidak cepat robek maka aluminium dengan bahan plastik biasanya lebih mahal.
Pada rangka atap baja ringan, aluminium foil dipasang dengan cara dijepit diantara reng dan kaso baja ringan, dan bisa dilakukan sebelum atau bersamaan dengan pemasangan reng.

Pemasangan aluminium foil yang baik adalah dengan pemasangan yang rata, karena dengan permukaan yang rata akan lebih efektif menolak radiasi panas matahari, dan menghalangi air apabila terjadi kebocoran, sehingga air tidak langsung jatuh ke bawah, sesuai dengan kemiringan atap.

Teknik Pemasangan aluminium
Pemasangan aluminium foil
Pemasangan aluminium foil
Teknik Pemasangan aluminium foil adalah menempatkan diantara reng dan profil C (dijepit) dengan penarikan yang rata, dimulai dari sisi bawah atas sampai pada ujung wuwungan. Penarikan harus dilakukan dengan secukupnya agar tidak merusak/merobek alumunium foil,. Gunakan reng jenis sisi yang ada lipatannya, kalau tidak akan berakibat pada mudah sobeknya aluminium terkena sisi reng.

Postingan populer dari blog ini

Membuat Tangga Galvalum Dan Kelebihannya

Proyek Kaso Reng Galvalum Masjid Ramadhan Soehat Malang

Proyek Kanopi Galvalum - Bapak Eko Pinayungan Asri Malang