3 Kesalahan Tukang Dan Pemasangan Galvalum

Penggunaan baja ringan galvalum, sebagai material konstruksi meningkat pesat karena keunggulannya dan luasnya penggunaan pada bangunan/rumah. Hal ini mengakibatkan peningkatan permintaan pasar untuk menggunakan baja ringan galvalum sebagai rangka atap, kanopi, maupun plafon, bahkan ada yang memproduksi pintu dan kusen dari galvalum.
Tingginya permintaan material baja ringan galvalum terutama untuk kontruksi atap juga membawa dampak positif pada pertumbuhan produsen / pabrik baja ringan, mulai lysacht, kencana truss, global truss, sakti truss, star truss dll, yang juga membawa efek samping pada kebutuhan adanya tukang / aplikator baja ringan.

Disinilah persoalannya, karena belum ada standarisasi keahlian aplikator / tukang baja ringan galvalum secara nasional, maka akan riskan sekali jika hanya menggunakan "umumnya" secara teknis struktur rangka atap tanpa dasar pengetahuan tentang ilmu logam, ilmu struktur dan pembebanan (mekanika teknik) untuk seorang aplikator. Seorang aplikator seharusnya memahami tentang sistem pengujian logam dan pengujian struktur rangka, paham dengan istilah tegangan tarik, tegangan geser, modulus elastisitas dan lendutan batang karena secara teknis berhubungan dengan tingkat keamanan suatu rancang bangun kontruksi atap baja ringan galvalum.  Meskipun saat ini sudah ada software baja ringan galvalum, tetapi hanyalah sebagai alat bantu kerja untuk memudahkan penggambaran disain, perhitungan material dan analisa beban, tetapi pengetahuan hal-hal tersebut di atas tetap diperlukan.
Judul di atas 3 Kesalahan Tukang Dan Pemasangan Galvalum yang sering ditemukan, kami maksudkan Aplikator dan Tukang (dalam tanda petik) adalah yang sekedar mengejar proyek baja ringan galvalum, tetapi tanpa memiliki dasar ilmu struktur sebagaimana yang kami sebut sebelumnya.
3 Kesalahan Tukang Dan Pemasangan Galvalum yang umum kami temukan di lapangan :
  1. Salah perencanaan / disain, yang termasuk dalam hal ini adalah ; Salah persepsi/salah memahami permintaan pemilik bangunan mengenai bentuk atap yang diinginkan, Salah pengukuran dan Salah perhitungan. Ketiga hal tersebut saling berkaitan erat. Untuk itu seorang aplikator harus mampu membaca dan menerjemahkan keinginan pemilik rumah, serta melakukan pengukuran dengan tepat.
  2. Salah titik nol tumpuan kuda-kuda, hal ini bisa terjadi jika terdapat "salah pengukuran" atau salah persepsi dengan menganggap ruangan benar-benar simetris.
  3. Salah teknik fabrikasi kuda-kuda untuk ruang tidak simetris / menyempit, beberapa kali kami menemukan pemasangan rangka atap baja ringan dengan memasang tumpuan titik nol yang sama di kedua ujung kuda-kuda baja ringan galvalum pada ruang yang menyempit, sehingga : sudut rangka atap baja ringan galvalum tidak sama, pembebanan pada tiap titik tumpuan/bracket kuda-kuda baja ringan galvalum menjadi tidak sama. Seharusnya diambil jarak tumpuan kuda-kuda baja ringan galvalum terpanjang sebagai acuan untuk fabrikasi, untuk jarak tumpuan yang mengecil tinggal mengikuti pengukuran di lapangan. Bentuk yang benar kuda-kuda baja ringan galvalum seperti kuda-kuda terpancung untuk ruang menyempit. 
    Bentuk kuda-kuda bajaringan galvalum terpancung untuk ruang menyempit
    Bentuk kuda-kuda bajaringan galvalum terpancung untuk ruang menyempit


Dari penjelasan diatas, maka penting kiranya seorang aplikator memiliki SOP dalam mengerjakan rangka atap baja ringan galvalum (baca : Tiga hal benar pada atap baja ringan) sebagaimana yang telah diterapkan Atap Karya sebagai Pemborong Atap.
Salah satu hasil survey kami di salah satu SMK Kab Malang, terdapat rangka atap yang mengalami deformasi (perubahan bentuk) akibat kesalahan aplikator/tukang baja ringan yang tidak memiliki dasar ilmu struktur pada foto di bawah ini :
Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 1
Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 1

Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 2
Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 2

Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 3
Kesalahan struktur rangka atap bajaringan galvalum 3

Demikian penjelasan tentang 3 Kesalahan Tukang Dan Pemasangan Galvalum yang banyak kami temukan dilapangan.
Semoga menjadikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Postingan populer dari blog ini

Membuat Tangga Galvalum Dan Kelebihannya

Proyek Kaso Reng Galvalum Masjid Ramadhan Soehat Malang

Proyek Kanopi Galvalum - Bapak Eko Pinayungan Asri Malang