Membuat Tangga Galvalum Dan Kelebihannya

Saat mengerjakan proyek Rangka Atap Galvalum, Kanopi, ataupun Plafond pasti membutuhkan tangga ataupun scafolding. Juga rumah Anda, paling tidak untuk keperluan tertentu biasanya dalam rumah memiliki sebuah tangga.
Posting kali ini akan menunjukkan cara singkat membuat tangga dari baja ringan galvalum.
Berikut langkah pembuatan tangga dari galvalum panjang 3 meter :
  1. Siapkan kanal C baja ringan / galvalum (merk terserah Anda) minimal 2 lonjor, dimana panjang kanal C sebelum dipotong adalah 6 meter. Gunakan yang tebal 0,6 mm sudah mencukupi.
  2. Potong satu kanal C galvalum dengan panjang 40 cm buat sebanyak 5 buah untuk anak tangga. Panjang 40 cm tersebut sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan pijakan tangga.
  3. Potong kanal C galvalum satunya menjadi 2 bagian, yaitu 3 meteran yang akan digunakan sebagai tiang tangga.
  4. Tandai kedua potongan tersebut setiap 50 cm untuk tempat anak tangga nantinya.
    Membagi jarak anak tangga galvalum
    Membagi jarak anak tangga galvalum
  5. Sobek/gunting ujung tekukan kanal C pada tiap titik tanda tersebut, sebanyak 2 buah sobekan pada tiap titik selebar 3 cm sesuai dengan lebar kanal C Galvalum.
  6. Ratakan/luruskan sobekan tersebut dengan sisi lebar kanal C, untuk memasukkan anak tangga.
  7. Kunci dengan sekrup galvalum (SDS) pada sisi pertemuan anak tangga dan tiang tangga. Usahakan posisi anak tangga tegak lurus terhadap tiang tangga. Lakukan pada satu sisi tiang tangga lebih dahulu, setelah selesai lanjutkan pada tiang tangga satunya.
    Anak tangga disekrup pada tiang tangga
    Anak tangga di sekrup pada tiang tangga
  8. Tambahkan potongan kayu 4x6 pada bagian cekungan kaki anak tangga, yang berguna untuk mencegah agar tidak licin saat digunakan, kunci dengan sekrup galvalum.
  9. Sisa potongan kanal C galvalum bisa digunakan untuk siku penguat agar tidak terlalu fleksibel posisi sejajar tangga.
  10. Selesai, tangga galvalum Anda panjang 3 meter sudah jadi dan menghabiskan biaya tidak lebih dari 140 ribu .
    Contoh tangga galvalum panjang 6 meter
    Contoh tangga galvalum panjang 6 meter
    Gambar di atas adalah salah satu contoh tangga galvalum yang dibuat sepanjang 6 meter, yaitu panjang galvalum tanpa dipotong, terlihat posisi kaki tangga dan tumpuan ujung tangga tidak sejajar (bisa diposisikan agak melintir), tangga ini juga mampu menjangkau tinggi tiang listrik PLN yang dari Beton Cor.
Kelebihan sekaligus kekurangan dari Tangga Galvalum ini adalah :
  • Ringan ; bobot / berat tangga galvalum dibandingkan dengan jenis tangga lain lebih ringan, sehingga mudah dibawa berpindah-pindah. Akan tetapi karena ringannya maka saat Anda menginjak anak kaki tangga, Anda harus memperhatikan titik berat tubuh Anda supaya condong ke depan dan posisi kemiringan tangga jangan terlalu tegak agar Anda tidak jatuh kebelakang.
  • Fleksibel ; yaitu saat Anda menempatkan antara kaki anak tangga dan tumpuan ujung tangga tidak pada posisi yang sejajar, maka tangga galvalum bisa pada posisi ini dengan tepat (bisa mengikuti kemiringan bidang / melintir) dan setelah selesai digunakan / diturunkan posis tangga masih bisa sejajar lagi. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh jenis tangga lain (misalkan tangga aluminium saat ditempatkan pada bidang yang tidak sejajar menyebabkan posisi kaki tangga tidak kembali rata sebagamana semula). Tetapi karena fleksibel juga maka jika terkena gaya/tekanan geser pada ujung atas tangga, maka resiko tangga bergeser juga ada. Untuk mengatasinya dari segi keamanan, bisa diikat pada tiang tangga atau ujung atas tangga pada tumpuannya (ikatan sementara dengan tali).
  • Anti karat, tidak perlu di cat, hanya sekali waktu Anda mengontrol kekuatan sekrup anak tangga agar tidak kendor.

Demikian posting tentang Membuat Tangga Galvalum Dan Kelebihannya, semoga membawa manfaat. Tetapi yang terpenting adalah Safety First ~ utamakan keselamatan saat mengerjakan tugas menggunakan alat bantu.
Share:

Label

Back to Top